Wednesday 18 March 2015

MAKALAH QUERY,SQL




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
 Query adalah pertanyaan atau permintaan informasi tertentu dari sebuah basisdata yang ditulis dalam format tertentu.Query adalah perintah-perintah untuk mengakses data pada sistem basis data Query adalah merupakan bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database, yang telah distandarkan dan lebih dikenal dengan nama Structured Query Language (SQL).
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang SQL, yang menjadi pertanyaan Apa itu SQL?.  SQL sendiri didefinisikan sebagai suatu sintak perintah-perintah tertentu yang digunakan untuk mengelola suatu database. SQL merupakan bahasa terstruktur yang khusus digunakan untuk mengolah database. SQL pertama kali didefinisikan oleh American National Standards Institute (ANSI) pada tahun 1986.MySQL adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat open source.  
 Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas tugas seoerti update data atau mengambil data dari database. Beberapa sistem manejemen database relasionaal umum yang menggunakan SQL adlah: Oracle, Sybase, Microsoft SQL server, Acces, Ingres dan lain lain.
Meskipun sebagian besar sistem database menggunakan SQL, kebanyakan dari mereka juga memiliki ekstensi tambahan milik mereka sendiri yang biasanya hanya digunakan pada sistem mereka.
Meskipun demikian perintah-perintah SQL standar seperti “Select”, ”Insert”, “ Update”, “Delete”, “Create”, “Drope” dapat digunakan pada seluruh DBMS tersebut.

B.     Rumusan Masalah

1.       Apa Pengertian Query?

2.       Pengenalan SQL ?

C.    Tujuan

1.     Untuk mengenal  Query database

2.      Untuk mengetahui SQL sebagai bahasa standar Query






















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Query
Menurut kata, “query” adalah bentuk kata kerja, dalam kamus “query” diartikan sebagai “pertanyaan”, persamaan kata dari inquiry atau question. Kalau kita kaitkan dengan mesin pencari, ”query” adalah pertanyaan berupa kata kunci atau keyword yang digunakan pengguna untuk menemukan jawaban melalui mesin pencari dengan mengambil data dari database. Dengan kata lain “query” sendiri dapat juga diartikan sebagai “request” atau “permintaan” pengguna yang kita ketikan pada kolom pencarian untuk memperoleh jawaban lewat hasil pencarian mesin pencari yang menampilkan alamat-alamat situs yang mengandung kata kunci yang diketikkan oleh pengguna.
Query tersebut meminta semua record dari basis data yang sedang digunakan (misalkan basisdata konsumen) yang bertempat tinggal di Yogyakarta dan berumur lebih dari 40 tahun (kota dan umur adalah nama field yang telah didefinisikan). Standar bahasa query yang banyak digunakan adalah SQL (structured query language). Metode ini paling rumit tetapi paling fleksibel dibandingkan metode query yang lain,query dengan parameter yang telah tersedia dan query by example.Dari pengertian yang lainnya:
Query adalah suatu kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari table-tabel yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan. Data apa yang ingin kita tampilkan.
misal : data peminjam dengan buku yang dipinjam, maka nanti akan mengambil data dari table peminjam dan tabel buku.   Query adalah suatu extracting data dari suatu database dan
 menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.
Query adalah pertanyaan atau permintaan informasi tertentu dari sebuah basisdata yang ditulis dalam format tertentu.Query adalah perintah-perintah untuk mengakses data pada sistem basis data Query adalah merupakan bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database, yang telah distandarkan dan lebih dikenal dengan nama Structured Query
Language (SQL) Query adalah permintaan yang diberikan oleh user untuk mengambil informasi yang tersimpan dalam database. Oke, dari pengertian diatas
Bahasa query (query language) adalah bahasa khusus yang digunakan untuk melakukan query pada basis data. Contoh penggunaan bahasa query adalah: SELECT ALL WHERE buku=”komputer” AND tahun<2008. Query tersebut meminta semua record dari basis data yang sedang digunakan (misalkan basisdata buku) yang berada di perpustakaan dan terbit diatas 2008 (buku dan tahun adalah nama field yang telah didefinisikan). Standar bahasa query yang banyak digunakan adalah SQL (structured query language). Metode ini paling rumit tetapi paling fleksibel dibandingkan metode query yang lain, query dengan parameter yang telah tersedia dan query by example.

B.     Pengenalan SQL
3.    Sejarah
Bersamaan dengan paper Dr. Edgar F. Codd pada tahun 1969 tentang Teori Database Relational, ia pun mengajukan sebuah bahasa yang disebut DSL/Alpha untuk memanajemen data dalam relational database. Berdasarkan ide Dr.Codd ini, beberapa saat setelah itu IBM mencoba merancang bahasa prototipe sederhana DSL/Alpha yang disebut SQUARE.
Pada tahun 1970, team yang beranggotakan peneliti IBM Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce, mengembangkan SQUARE lebih lanjut menjadi SEQUEL (Structured English Query Language)SEQUEL digunakan untuk mengoperasikan prototipe RDBMS pertama IBM, System R. Dikemudian hari, SEQUEL berubah nama menjadi SQL karena permasalahan merk dagang (trademark) dengan sebuah perusahaan pesawat di inggris yang terlebih dahulu telah memakai nama SEQUEL.
Pada akhir 1970an, perusahaan Relational Software, Inc. (sekarang Oracle Corporation) melihat potensi bahasa SQL dan mengembangkan sendiri versi SQL untuk RDBMS mereka. Oracle V2 (versi 2) yang dirilis Juni 1979 adalah RDBMS komersial pertama yang mengimplementasikan SQL.
Dengan kemudahan yang ditawarkan, SQL mulai diimplementasikan oleh berbagai RDBMS dengan versi SQL mereka masing-masing. Namun hal ini  menimbulkan permasalahan karena perbedaan penerapan SQL dari satu aplikasi dengan aplikasi database lainnya yang tidak seragam.Sehingga  pada tahun 1986, badan standar amerika, ANSI (American National Standards Institute) merancang sebuah standar untuk SQL. Satu tahun setelahnya, ISO (International Organization for Standardization) juga mengeluarkan standar untuk SQL. Versi terakhir standar SQL dirilis pada 2011, yang dinamakan SQL 2011. Dengan standar ini diharapkan ada keseragaman SQL antar aplikasi RDBMS.
Akan tetapi walaupun sudah ada standar tentang SQL, banyak perusahaan RDBMS yang menambahkan ‘fitur’ SQL selain standar yang ada. MySQL juga memiliki SQL yang tidak standar, yang tidak ada pada Oracle, begitu juga sebaliknya. Namun setidaknya bahasa SQL hampir sama untuk perintah-perintah dasar antar RDBMS. Perintah SQL untuk membuat tabel misalnya, dapat digunakan baik di Oracle maupun MySQL.

4.      Tentang SQL

Pengenalan Query.
SQL (Structure Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk melayani relasional system database.
SQL secara garis besar terdiri dari 3 macam, yaitu :
5.      DDL (Data Definition Language)
DDL adalah suatu pernyataan untuk mendefinisikan struktur atau skema database. Contoh :
        • Create , untuk membuat object dalam database, bisa berupa table, view, procedure, function, trigger, ataupun package (oracle). Contoh : create table mahasiswa (npm char(7) not null primary key,nama char(30), alamat char(50));
        • Alter, untuk mengubah structur dari suatu objek dalam database.contoh : alter table mahasiswa add email char(30)
        • Drop, untuk menghapus objek dalam database, contoh: drop table mahasiswa;
        • Truncate, untuk menghapus/membersihkan isi table beserta alokasi space yang ada di dalamnya, contoh : truncate table mahasiswa
        • Comment, memberikan keterangan/komentar pada ke dalam kamus data. Berisi deskripsi dari sebuah objek dalam database.
        • Rename, mengganti nama objek dalam database.(Mysql, Oracle)

6.      DML (Data Manipulation Language)
DML adalah pernyataan yang digunakan untuk mengorganisir data dengan menggunakan skema objek.
        • Select, untuk menyeleksi data dari dalam database. Contoh : select npm, nama, alamat from mahasiswa;
        • Insert, untuk menginputkan record ke dalam suatu table. Contoh : insert into mahasiswa(npm,nama,alamat) values(‘0401034’,’Abdul Malik Ikhsan’,’Jalan Jakarta No. 28’)
        • Update, untuk melakukan update dari table yang sudah dibuat. Contoh : update mahasiswa set npm=’001’ where npm=’0401034’;
        • Delete, untuk menghapus isi record baik semuanya ataupun sebagian dari suatu table, cotoh : -delete from mahasiswa (menghapus semua isi ) -delete from mahasiswa where npm = ‘001’(hanya pada kondisionalnya saja).
        • Merge, penggabungan update, insert, delete pada suatu table berdasarkan kondisi yang cocok. (Oracle).
        • EXEC, memanggil procedure yang telah kita buat. contoh : kita buat procedure seleksimhs:create procedure seleksimhs @npm char(7) as select * from mahasiswa where npm=@npm.
        • cara eksekusi : EXEC seleksimhs ‘001’;

C. DCL (Data Control Language)
Terdiri dari 2 statement, yaitu Grant, Revoke, dan DENY, Grant untuk memberikan hak akses, dan Revoke untuk membuang hak yang telah dilarang.


Tujuan dari pemakaian SQl
Tujuan dari pemakaian SQl dalam menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan database, diantaranya :
•         Memanggil data dari satu table atau lebih
•         Memanipulasi data
•         Mendapatkan ringkasan informasi
•         Membuat, memodifikasi atau menghapus table
•         Membuat atau menghapus index
Fungsi (Function ) SQL
MS SQL Server memiliki beberapa fungsi untuk manipulasi data antara lain, 
•         a.   Fungsi string atau karakter
•         b.   Fungsi tanggal
•         c.   Fungsi matematika 
•         d.   Fungsi system atau fungsi scalar
•         e.   Fungsi  User Defined
•         f.   Fungsi tambahan yang dapat digunakan untuk mengubah (konversi) dari data yang   
            satu ke data yang lain
SQL dapat digunakan dengan 2 cara :
1. Interaktif SQL (SQL Interaksi)
          Memasukkan sebuah pernyataan SQL melalui terminal / microkomputer dan langsung diproses atau diinteprestasikan, hasilnya bisa dilihat secara langsung
2. Embedded SQL (SQL Sisipan)
          dengan menyisipkan pernyataan SQL ke dalam sebuah program yang ditulis dengan bahasa pemrograman lain. Hasil pernyataan SQL tidak dapat dilihat langsung oleh pemakai, tapi diproses oleh program lain


Berikut dibawah ini terdapat query dalam Access 2003, diantaranya adalah:

Select Query, merupakan jenis query yang paling umum. Select query mengambil data dari satu table atau lebih menggunakan suatu kriteria tertentu, kemudian manyampaikannya. Anda juga dapat menggunakan select query untuk mengelompokkan sejumlah record dan menghitung total, banyak data, serta rata-ratanya.
Parameter Query, adalah query yang jika dijalankan menampilkan kotak dialog yang menanyakan informasi yang akan digunakan sebagai kriteria untuk mengambil data atau suatu nilai yang Anda ingin sisipkan ke dalam suatu field. Parameter Query juga berguna sebagai basis bagi form dan report.
Crosstab Query, menampilkan nilai-nilai yang telah diolah (total, banyak data, rata-rata dan lain-lain) dari suatu field dalam tabel dan mengelompokkannya ke dalam suatu kelompok fakta yang didaftarkan pada bagian kiri dari datasheet dan kelompok fakta yang lain pada bagian atas dari datasheet.
Action Query, adalah query yang membuat perubahan terhadap satu atau beberapa record sekaligus. Ada 4 macam action query, yaitu delete query, update query, append query dan make-table query.
Delete Query, digunakan untuk menghapus sekumpulan record dalam satu tabel atau lebih berdasarkan kriteria tertentu.
Update Query, digunakan untuk membuat perubahan umum/global terhadap sekumpulan  record dalam satu tabel atau lebih berdasarkan criteria tertentu.
Append Query, digunakan untuk menambahkan sekelompok record dari satu atau lebih tabel ke dalam satu atau lebih tabel berdasarkan kriteria tertentu.
Make Table Query, digunakan untuk membuat tabel baru dari seluruh atau sebagian data dalam satu atau lebih tabel. Make tabel query juga berguna untuk membuat tabel untuk ditransfer pada database Access 2003 yang lain, membuat report yang menampilkan data mulai posisi tertentu, membuat Backup atau salinan dari suatu tabel, membuat tabel history
yang berisi record-record yang sudah lama.
SQL Query, adalah query yang dibuat menggunakan permyataan SQL. SQL query terdiri dari union query, pass-through query, data definition query.
Union, jenis query ini menggabungkan field (kolom) dari satu atau lebih tabel atau query ke dalam satu fiel atau kolom dalam query gasilnya
Pass-Through, jenis query ini mengirimkan perintah secara langsung ke database ODBC, seperti Microsoft SQL Server, menggunakan perintah yang dapat diterima oleh server.
Data Definition, jenis query ini membuat obyek database, seperti tabel Microsoft Access atau tabel Microsoft SQL Serve





















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Query adalah suatu kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari table-tabel yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan 
2.      SQL (Structured Query Language) adalah bahasa query yang standard yang digunakan sebagai suatu bahasa sederhana dan dasar, yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan database, membaca, menulis, dan memperoleh informasi yang berguna dari database 
3.      Data Base di bagi menjadi 3 yaitu : DML ,DDL, DCL.












                                                                                                                                             


DAFTAR PUSTAKA


·         http://id.wikipedia.ohttp://groups.google.com/group/mysql-indonesia.
http://dianakusuma3.blogspot.com/


1 comment:

  1. sangat bermanfaat dan membantu saya dalam mata kuliah, ditnggu next artikelnya

    kunjungi blog saya
    http://dwipratamaariandy.blogspot.co.id/

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

BELAJAR MENGETIK